Home > tutorial > Cara Menghapus dan Mencegah virus Komputer

Cara Menghapus dan Mencegah virus Komputer


Cara Menghapus dan Mencegah virus Komputer


Haii,, kalian pasti jengkel akan virus yang terdapat pada komputer/laptop kalian kan?? Maka dari itu saya disini akan membagikan sedikit tips agar virus yang kalian hapus tidak akan kembali menyebar dan merusak sistem komputer/laptop kalian lagi. Berikut langkah langkah yang kalian perlukan untuk menghapus virus tersebut :

  • Pertama kalian memerlukan antivirus untuk menscan virus apa saja yang terdapat pada komputer/laptop kalian. Antivirus tersebut akan menampilkan notifikasi seperti pada gambar. (Saya merekomendasikan antivirus Smadav).
step 1
  • Kemudian kalian perlu mengetahui lokasi virus pada komputer/laptop kalian dengan cara memasuki properties pada virus yang akan dihapus. Saat kalian memasuki properties, maka akan keluar notifikasi seperti pada gambar. (Klik kanan pada virus yang dituju lalu pilih properties).
step 2
  • Setelah itu masuk kedalam folder yang tertulis pada notifikasi antivirus kalian. Biasanya jika virus tersebut berupa registry, maka akan terletak pada folder windows dan system32. (Lihat pada gambar).
step 3
  • Kemudian hapus file yang dideteki sebagai virus tersebut dengan menekan Shift+delete. Kenapa harus Shift+delete, karena jika hanya menekan delete, virus tersebut dapat kembali menyerang komputer/laptop kalian lagi. (Jika kalian menekan Shift+delete maka akan seperti pada gambar).
step 4
  • Setelah kalian melakukan langkah ke4 kalian hanya perlu memastikan bahwa yang terbaca sebagai virus itu bukanlah file penting atau crack milik kalian. Misalnya memang itu bukan crack milik kalian, maka pilih YES. Namun jika itu file crack kalian pilih NO.

Yapp :D, begitulah langkah terakhir pada tahap penghapusan virus. Kalian harus berhati-hati saat melakukan penjelajahan internet karena jika kalian asal mengklik pada pilihan pilihan yang ada bisa jadi dari situlah virus virus pada komputer kalian bermunculan. Bisa juga lewat Flashdisk yang bervirus dan kalian tidak mengetahuinya.

NB: Kalian tidak boleh langsung membersihkan virus yg terdetect pada antivirus kalian, karena antivirus tersebut hanya menghapus dengan temporary atau sementara. Sehingga dapat menimbulkan kembalinya virus tersebut menyebar pada komputer/laptop kalian. Matikan scanning faster agar tidak menghapus secara otomatis. (contoh pada gambar).

last step

Terima kasih kepada kalian yang sudah membaca tutorial saya. Bagi kalian yang kurang paham bisa bertanya lewat kolom komentar yang sudah tersedia :D.

Keterangan
ditulis oleh: JD
pada: 2017-05-08
Telah dibaca: 86x

Baca Juga
Artikel yang terkait dengan tutorial




Komentar
Kamu harus login di Akun Moualva terlebih dahulu untuk memberi komentar
Komentar tentang Cara Menghapus dan Mencegah virus Komputer
Nothing here...